Menyimpan Bubuk Minuman Coklat Berdasarkan Jenisnya

Bagi yang suka dengan makanan manis, pastinya tidak asing dengan bubuk minuman coklat. Coklat merupakan bahan yang sering dipakai sebagai bahan utama dessert manis.

Contohnya seperti kue coklat, lava cake, brownies, puding coklat, hingga truffle. Coklat adalah hasil olahan biji kakao yang telah ada sejak 1100 sebelum masehi.

Hingga sekarang banyak jenis cokelat yang dapat digunakan. Contohnya seperti coklat batangan, coklat bubuk, selai coklat hingga chocochip.

Supaya coklat yang disimpan awet dan tahan lama, kamu harus menyimpan coklat dengan baik. Sayangnya setiap jenis coklat punya cara penyimpanan yang berbeda.

Jika salah menyimpan akan membuat kandungan di coklat menjadi berkurang. Berikut kami jelaskan beberapa teknik menyimpan coklat sesuai jenis yang perlu diperhatikan dengan baik :

  1. Coklat batangan

Coklat batangan adalah jenis coklat yang banyak digunakan saat ini. Tiga jenis coklat batangan yang sering digunakan adalah dark chocolate, white chocolate dan milk chocolate. Coklat ini perlu disimpan di wadah tertutup kedap udara.

Kemudian disimpan di dalam kulkas bersuhu 14 hingga 18 derajat celcius. Kelembaban udara yang disarankan juga tidak boleh lebih dari 50%. Meskipun bisa disimpan di kulkas, tapi coklat ini punya keawetan yang berbeda.

Milk chocolate hanya bertahan sampai 1 tahun. Dark chocolate dapat bertahan hingga 2 tahun. Sedangkan white chocolate dapat bertahan hingga 4 tahun.

  1. Coklat Bubuk

Beda dengan coklat batangan yang lebih dianjurkan disimpan di dalam kulkas supaya tahan lama, coklat yang dibuat jadi bubuk malah sebaliknya. Kamu tidak boleh menyimpannya di dalam kulkas.

Pasalnya akan mengubah bagian tekstur coklat menjadi bergumpal. Yang pastinya juga mempengaruhi rasa dan keistimewaan coklat itu sendiri saat digunakan.

Kamu bisa menyimpan coklat bubuk di dalam wadah tertutup seperti toples. Kemudian simpan di tempat kering dan pastikan terhindar dari sinar matahari. Coklat bubuk dapat awet sampai 2 tahun.

  1. Chocochips

Chocochips adalah jenis coklat yang dilelehkan dan selanjutnya diberi tambahan pemanis. Contoh pemanis yang paling sering adalah gula. Yang selanjutnya dibentuk jadi butiran kecil mirip chips.

Tak jauh beda dari coklat batangan, jenis coklat ini dapat disimpan di wadah tertutup yang selanjutnya dapat diletakkan di kulkas dengan suhu tertentu. Disarankan tidak memakai tangan telanjang ketika mengambil chocochips.

Lebih disarankan memakai sendok supaya chocochips tidak tercampur dengan bakteri dari tangan. Jangan pula meletakkan chocochips di tempat yang terkena paparan matahari langsung.

Panas yang dihasilkan matahari mampu membuat chocochips cepat meleleh dibanding coklat batangan. Jenis coklat ini hanya mampu bertahan 8 hingga 10 bulan saja.

Menyimpan bubuk minuman coklat memang penting agar bubuk tidak terkontaminasi dengan bakteri yang malah merugikan peminumnya sendiri.

Menyimpan Bubuk Minuman Coklat Berdasarkan Jenisnya