Sebuah fakta menyebutkan bahwa tidak semua copywriter mengenali SEO dengan baik. Alhasil, mereka hanya bisa menulis untuk manusia saja agar mudah mendapatkan penjualan.

Padahal, menulis untuk mesin telusur juga wajib hukumnya jika kita ingin ada pengunjung tanpa harus mengeluarkan budget iklan yang lumayan banyak.

Secara sederhananya, copywriting SEO tersebut merupakan sebuah kegiatan menulis artikel copy yang ditujukan bagi manusia agar menggugah sisi emosinya, yang sekaligus menjalani kaidah Google Guideline.

Contoh mudah untuk menggambarkan SEO ini diantaranya adalah:

  • Membuat judul yang menyertakan keywords.
  • Membuat pengulangan keywords yang tersebar di artikel.
  • Adanya inbound dan outbound link. Khusus untuk outbound link, maka bisa diakali dengan mengarahkan ke produk yang ingin kita jual dan disimpan di website berbeda.
  • Gambar menggunakan alt tag.
  • Deskripsi menyertakan keywords.

Dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui hal teknis dan strategi dasar tersebut, maka diharapkan kita bisa memenangkan penempatan di halaman pertama hasil pencarian (SERP). Proses backlinking pun tentunya akan menjadi lebih efektif.

Bukan Pekerjaan Mudah

Perlu dicatat bahwa copywriting SEO bukanlah pekerjaan yang mudah, sehingga harga jasanya pun cenderung sangat mahal. Tergantung dari banyaknya kata, rata-rata copywriter yang mengetahui ilmu SEO bisa dibayar antara jutaan hingga ratusan juta per sekali kerja.

Bayangkan saja, seseorang tersebut harus mampu menulis untuk dua target secara sekaigus, yakni dirancang untuk menarik pengguna manusia, sekaligus strukturnya dimengerti oleh Google.

Prosesnya pun cukup menguras banyak pikiran dan tenaga. Isi dari copywriting tersebut haruslah tetap memiliki nilai jual yang tinggi, bermanfaat, menarik, dan berharga untuk dibaca.

Tapi jika kita mampu melakukannya, maka hasilnya bisa benar-benar powerful. Bukan hanya dapat menarik orang untuk mengklik judul yang kita buat, membaca, dan menghasilkan penjualan, juga dapat mengurangi budget pengeluaran.

Sesaat setelah kita berhasil berada di urutan pertama Google, maka biaya iklan bisa kita kurangi secara drastis.

Berada di pejawan berarti mendapatkan calon pembeli tertarget secara gratis selama 24 jam. Memang berat di awal, akan tetapi menjadi penghematan dan keuntungan besar-besaran jika tepat sasaran secara berkelanjutan.

Copywriting SEO – Sulit Tapi Mendatangkan Cuan Secara Berkelanjutan