Cara ternak bebek yang menguntungkan bisa menjadi pilihan usaha yang menarik. Apalagi daging bebek adalah salah satu jenis daging dengan komoditas konsumsi yang meningkat di Indonesia.

Bebek biasanya kita manfaatkan berdasarkan daging ataupun telurnya. Bebek petelur ini sendiri, adalah salah satu jenis bebek yang sangat tinggi nilai jualnya, dan bisa menghasilkan telur yang melimpah.

cara ternak bebek

Selain itu, bebek pedaging juga nilai jualnya tak kalah tingginya dengan bebek petelur. Karena itulah menjalankan usaha ini bisa menjadi pilihan yang menarik, khususnya untuk skala rumahan.

Cara Ternak Bebek

Nah, untuk anda yang ingin menjalankan usaha rumahan bisa mencoba untuk membuka peternakan bebek petelur dan pedaging. Nah, berikut ini cara ternak bebek yang bisa anda jalankan.

Memilih Tipe Kandang

Yang pertama adalah dalam persiapan kandang bebek yang mesti anda lakukan. Untuk pemeliharaan bebek sendiri, bisa dilakukan dengan sistem penggembalaan dan juga sistem kandang. Sebenarnya tipe kandang bebek seperti apa yang cocok untuk dibangun, dalam beternak bebek.

Nah, jawabannya adalah tergantung pada ketersediaan sumber yang ada, semisal lokasi, luas lahan hingga tenaga sampai dengan ketersediaan modal. Bila lahan yang anda miliki terbilang luas, maka anda bisa menggunakan jenis kandang bertipe pekarangan.

Memang memerlukan lahan yang luas, namun investasinya bisa ditekan karena anda bebek akan menghabiskan waktunya di pekarangan. Sebaliknya jika area lahan terbatas, maka bisa menggunakan jenis kandang terkurung, yang memerlukan biaya pembuatan kandang, dan cocok untuk tipe budidaya intensif.

Pakan Ternak Bebek

Untuk jenis pakannya sendiri, dalam cara ternak bebek pakannya kita bisa memiliki jenisnya tersendiri. Misalnya saja pakan alami yang merupakan pakan dari keong, kepala udang dan lainnya.

Sementara untuk jenis pakan konsentrat ini sendiri, biasanya merupakan pakan yang didapat dari pabrik yang bisa anda beli dari toko pakan ayam atau ternak unggas. Anda juga bisa meramunya sendiri juga mampu.

Untuk anda yang ingin mencoba meramu pakan konsentrat, maka anda bisa mencoba mencampurkan bahan seperti ubi kayu, jagung giling, dedak halus, hingga tepung ikan sampai bungkil kelapa dan bungkil kedelai.

Demikianah beberapa cara ternak bebek yang menguntungkan yang bisa Anda coba jalankan. Semoga informasi ini bisa memberikan masukan yang berharga untuk Anda yang ingin menjalankan usaha ini.

Cara Ternak Bebek yang Praktis dan Menguntungkan