Internet penuh dengan platform pemasaran bisnis online yang tidak memerlukan biaya sepeser pun. Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya.

Inilah salah satu alasan mengapa tidak alasan bagi Anda untuk tidak mempromosikan bisnis online Anda. Bayangkan Anda hampir tidak membutuhkan dana sedikitpun untuk menyebarluaskan informasi tentang produk Anda kepada masyarakat. Hal yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara meraih target yang tepat dan itu ada ilmu tersendiri.

Anda mungkin tidak memiliki banyak uang untuk dibelanjakan pada pemasaran pada tahap awal startup Anda, tetapi itu tidak berarti bahwa tidak ada cara yang efektif untuk mengeluarkan merek Anda.

Sebelum Internet, usaha kecil hanya memiliki beberapa cara untuk memasarkan produk mereka dengan murah, melalui metode seperti mencetak brosur atau mensponsori acara lokal kecil. Sekarang ada berbagai macam peluang di Web—Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya.

Berikut adalah lima cara untuk mempromosikan bisnis Anda secara online tanpa biaya sepeser pun:

  1. Gunakan tiga layanan daftar lokal besar

Mendaftarkan bisnis Anda dengan Google Places memungkinkannya ditemukan lebih mudah di pencarian Google dan muncul di Google Maps. Yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir dan mendaftar, kemudian bisnis Anda diverifikasi melalui proses konfirmasi mereka, yang dapat dilakukan baik dengan panggilan telepon atau surat siput. Yahoo! juga memiliki database bisnis yang besar yang disebut Yahoo! Lokal. Ini gratis, dan tentu saja sepadan dengan beberapa menit yang diperlukan untuk menyiapkannya. Bing Microsoft memiliki layanan serupa yang mudah untuk didaftarkan.

  1. Gunakan media sosial

Media sosial bukan hanya alat untuk mendapatkan eksposur — sekarang telah menjadi investasi waktu yang diperlukan untuk setiap bisnis. Anda dapat mengikat iklan dan penawaran di halaman Facebook Anda dan memiliki saluran langsung dengan pelanggan Anda di Twitter. Jaringan di LinkedIn—baik di tingkat pribadi maupun perusahaan—bisa menjadi cara lain untuk membantu startup Anda.

  1. Mulai blog

Sebuah blog tidak hanya membantu perusahaan Anda mendapatkan namanya melalui pengikut, tetapi juga merupakan cara untuk terhubung dengan konsumen Anda secara lebih langsung. Tetapi ingatlah bahwa salah satu kunci utama blogging adalah terus memperbarui aliran Anda sesering mungkin. Blog yang terbengkalai dan terbengkalai tidak ada artinya.

  1. Pasang multimedia di YouTube dan Flickr

YouTube menyediakan cara gratis untuk mendistribusikan video promosi kreatif, tetapi agar berhasil, Anda harus memasang konten yang ingin dilihat orang dan relevan dengan bisnis Anda—iklan sederhana tidak akan berfungsi. Profil Flickr juga dapat membantu dengan memberi Anda satu tempat untuk mengumpulkan semua foto untuk bisnis Anda, dan memungkinkan Anda menautkan kembali ke situs web Anda.

  1. SEO situs web perusahaan Anda

Optimisasi mesin pencari tidak dapat diremehkan di dunia Googling yang konstan. Ambil buku atau kunjungi panduan cara online tentang SEO dan pastikan situs Anda siap untuk kinerja di mesin telusur.

Setiap ceruk memiliki komunitas online yang dapat Anda ikuti. Tetapi hanya mendaftar ke forum dan memposting sesekali tentang bisnis Anda tidak bermanfaat bagi siapa pun, dan kemungkinan hanya akan mengganggu orang. Berkontribusi secara aktif dan membangun hubungan baik dengan komunitas, sambil menjauhkan bisnis Anda darinya. Promosikan bisnis Anda secara pasif dengan meletakkan tautan di tanda tangan Anda atau menyebutkannya hanya jika konteksnya sesuai.

Cara Promosi Bisnis Online Tanpa Biaya