Bagaimana Memilih Makanan Kucing yang Baik

Memelihara kucing memang menyenangkan, tapi juga harus diperhatikan perawatannya. Merawat kucing tidak bisa sembarangan, kamu harus tahu apa saja yang harus dilakukan. Salah satunya cara memilih makanan kucing yang baik dan benar.

Sama halnya dengan manusia, kadang kucing juga sangat sensitif dan bisa alergi terhadap makanan tertentu. Jadi, ketika memberikan makanan kamu harus memperhatikannya apakah cocok atau tidak. Lalu, sebenarnya apa saja cara memilih makanan untuk kucing yang benar?

1. Memilih Jenis Makanan

Kucing memiliki dua jenis makanan yakni yang kering dan basah. Akan lebih baik jika kamu membelikannya makanan yang kering saja. Karena biasanya akan lebih tahan lama dan tentu saja harganya jauh lebih terjangkau.

Selain itu, makanan kering tidak akan meninggalkan bekas di gigi si kucing. Bahkan, makanan kering ini juga gampang untuk penyimpanannya.

2. Memperhatikan Nutrisinya

Saat membeli makanan kucing, pastikan kamu sudah membaca kandungan nutrisinya dengan baik. Hal ini sangat berpengaruh karena bisa membuat tumbuh kembang hewan peliharaanmu semakin baik.

Ada kebutuhan kalori, karbohidrat, serat, asam amino dan lain-lainnya yang harus dipenuhi. Jadi, kamu harus memastikan bahwa kandungan nutrisi dalam makanan untuk kucing yang kamu beli sudah mencakup semua nutrisi tersebut.

3. Perhatikan Alerginya

Kucing sama seperti manusia yang juga bisa alergi, jadi kamu harus rutin melakukan pengecekan saat memberikan makanan ke hewan tersebut. Ada baiknya kamu juga memeriksakan si kucing ke dokter hewan demi melihat perkembangan lebih lanjut tentang alerginya.

Tentu mungkin kamu tidak ingin kucing tersebut mengalami kesakitan karena salah memilih makanan. Sebaiknya jika ingin mencoba makanan baru maka harus membeli dalam kemasan paling kecil dulu agar tahu apakah ia punya alergi atau tidak.

4. Jangan Beri Makanan dengan Pengawet

Makanan untuk kucing kadang juga diberi pengawet, asalkan kamu tahu. Kamu harus menghindari memberikannya makanan yang mengandung bahan-bahan pengawet seperti butylated hydroxyanisole (BHA), butylated hydroxytoluene (BHT), propil galat, propilen glikol, dan juga etoksikuin.

Makanan berpengawet akan memberikan bahaya yang bisa terjadi bagi si kucing sendiri. Kesehatannya bisa saja terganggu karena pemberian makan yang salah. Maka dari itu, carilah makanan kucing yang memang tidak mengandung bahan pengawet apapun. Pilih yang mengandung bahan alami agar kucing tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih makanan kucing yang baik dan benar agar hewan tersebut terhindar dari berbagai macam penyakit. Kucing yang sehat dan aktif tentu saja sangat menggemaskan bagi siapapun yang melihatnya.

Jadi, tak hanya dilihat dari segi bulunya yang bagus dan berkilau saja, tapi juga kebutuhan nutrisinya harus senantiasa dipenuhi. Banyak produk atau merek makanan kucing yang bisa kamu pilih dengan harga terjangkau tapi kualitas tinggi.

Bagaimana Memilih Makanan Kucing yang Baik?