Daftar isi konten

5 Jenis Produk Olahan dari Susu sapi berkualitas

Manfaat susu sapi berkualitas sangatlah banyak bagi kesehatan. Susu dapat diolah menjadi berbagai produk olahan. Susu sapi yang berkualitas akan menghasilkan produk olahan yang berkualitas pula. Produk olahan susu juga mengandung segudang manfaat antara lain membantu pertumbuhan dan ketahan tulang dan gigi. Berikut 5 produk olahan susu yang bisa Anda coba.

5 Jenis Produk Olahan Susu

 

1. Yoghurt

Susu bisa diolah menjadi produk olahan yang banyak digemari, yaitu yoghurt. Yoghurt merupakan produk fermentasi dari susu oleh bakteri lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophillus.

Yoghurt mengandung berbagai manfaat karena mengandung probiotik didalamnya. Probiotik ini bagus untuk menjaga sistem pencernaan. Selain itu, kandungan protein dan vitamin D bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kerapatan tulang.

2. Keju

Siapa yang tak kenal keju. Pemisahan protein susu/kasein dengan cairannya akan menghasilkan keju. Keju mengandung protein, fosfor dan keju bisa ditambahkan dengan asam lemak omega-3. Asam lemak ini berguna menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Pada umumnya keju terbuat dari bahan dasar susu yang dicampur garam, probiotik, dan enzim yang bernama rennet. Setelah mencampur bahan, diamkan adonan agar enzim yang bekerja mengubah susu menjadi keju.

3. Mentega

Mentega adalah produk olahan susu yang banyak mengandung lemak. Mentega dibuat dengan memisahkan bagian padat dari susu dengan airnya yang kemudian bagian padat itu dikocok hingga menjadi mentega.

Mentega banyak digunakan sebagai pengganti minyak karena dapat membuat masakan menjadi lebih gurih. Selain itu, mentega juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, kulit, dan kekebalan tubuh. Mentega juga mengandung asam linoleat yang berpotensi mencegah pertumbuhan kanker. Namun, Jika Anda tetap harus mengonsumsi mentega secara bijak.

4. Kefir

Kefir merupakan susu fermentasi yang mirip dengan Yoghurt. Kelebihan dari kefir ini adalah produk ini bisa dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa. Kefir mengandung protein, vitamin B dan D serta mineral seperti kalsium dan fosfor.

Kefir mengandung probiotik Lactobacillus kefiri yang berperan dalam mencegah pertumbuhan infeksi, seperti Salmonella dan E.coli. Kefir bisa dibuat dengan mencampurkan susu dengan biji kefir.

5. Krim

Produk olahan ini mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Banyak jenis krim yang pasti sering Anda temui, seperti krim kocok, krim asam, atau krim fermentasi. Sama halnya juga dengan susu, krim juga mengandung vitamin A, vitamin B12, kalsium dan fosfor.

Jadi, semua produk olahan susu tetap mengandung nutrisi yang baik dari susu. Jadi pastikan produk olahan susu yang Anda beli terbuat dari susu sapi berkualitas agar manfaat yang diperoleh juga maksimal.

5 Jenis Produk Olahan dari Susu sapi berkualitas