Untuk kalian yang ingin mencoba bisnis ternak ikan ini simaklah uraian cara ternak ikan gurame pada artikel ini. Konsumsi ikan gurami sekarang sangat pesat perkembangannya.

Karena tekstur ikan yang enak dan tebal, jadi pilihan banyak kalangan. Melihat pasar ikan gurami yang stabil, maka peluang untuk bisnis ternak ikan tersebut masih ada harapan.

Cara Ternak Ikan Gurame Biar Panen Banyak Dan Sukses

Saat Anda berniat ingin membudidayakan gurame tentu ada keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Untuk itu, ada beberapa cara ternak ikan gurame yang harus dikerjakan yaitu :

1.Menyiapkan Kolam Gurame

Pertama harus menyiapkan kolam untuk tempat tingga gurame. Luas kolam tersebut adalah panjang 4 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1 meter. Setelah itu tutup dinding dan dasar kolam dengan terpal atau plastik tebal.

cara ternak ikan gurame

Tehnik mengisi air kolam yaitu ketinggiannya tidak boleh kurang dari 50-70 cm. Perhatikan sirkulasi air agar ikan tumbuh baik. Setelah kolam terisi air, biarkan selama seminggu.

Setelah itu, baru masukan benih ikan gurame berusia 2 bulan. Usia tersebut cukup untuk gurame bertahan di dalam cuaca dan suhu kolam terpal.

2.Memilih Benih Berkualitas

Cara ternak ikan gurame yang tak kalah penting adalah memilih benih berkualitas. Kenali ciri-ciri benih ikan unggul yang tidak cacat, sehat, gerakannya lincah, sisik lengkap atau tidak ada yang lepas, tubuh tidak kaku, dan ukurannya seragam.

Untuk mendapatkannya Anda bisa membelinya dari tempat pendederan yang jual bibit ikan gurame unggul. Setelah itu Anda bisa memasukan benih dalam kolam sekitar200 ekor. Jangan memasukan terlalu banyak agar gurame dapat tumbuh cepat dan leluas bergerak.

3.Memberi Pakan

Pola maka ikan gurame berubah dari waktu ke waktu. Masa larva bersifat carnivora atau pemakan daging. Menjelang juvenil muda bersifat omnivora atau pemakan segala. Setelah ukuran induk bersifat herbivora atau pemakan daun-daunan.

4.Menambah Biota Air

Penambahan biota air seperti eceng gondok sangat penting sekali. Simpan eceng pada beberapa bagian kolam. Eceng berfungsi untuk mencegah sinar matahari berlebih secara langsung.

5.Masa Panen

Masa panen yang baik ketika berat gurame sekitar 20-25 gram. Ada beberpa hal yang harus diperhatikan selama panen yaitu :

  • Waktu panen sore atau pagi agar mudah menangkapnya
  • Ketinggian air sekitar 20-30 cm
  • Temperatur air rendah dan tidak hujan
  • Hati-hati menangkap ikan jangan sampai ada sisik terlepas

Ikan gurame memiliki rasa yang lezat dan tanpa tulang pada bagian dagingnya sehingga banyak peminatnya. Keputusan Anda belajar cara ternak ikan gurame sangat tepat karena memberi banyak keuntungan secara keuangan.

5 Cara Ternak Ikan Gurame agar Panen Lebih Menguntungkan